Senin, 17 April 2017

Pengertian Teori Konsep Variabel Indikator dan Hipotesis Menurut beberapa Ahli


Definisi teori
      1.       Teori adalah serangkaian bagian atau variabel, definisi, dan dalil yang saling berhubungan yang menghadirkan sebuah pandangan sistematis mengenai fenomena dengan menentukan hubungan antar variabel, dengan maksud menjelaskan fenomena alamiah. (John W Creswell 1993:120)
       2.    Teori adalah sebagai ide pemikiran “pemikiran teoritis” yang mereka definisikan sebagai “menentukan” bagaimana dan mengapa variabel-variabel dan pernyataan hubungan dapat saling berhubungan. (Labovitz dan Hagedorn)
      3.       Teori mempunyai dua pengertian, pertama, bahwa teori itu empiris, dalam arti sebagai suatu hasil pengujian terhadap hipotesis dengan melalui observasi dan eksperimen. Kedua, teori dapat diperoleh melalui berpikir sistematis spekulatif dengan metode deduktif. (Kneller 1971:41)
      4.       Teori teori adalah seperangkat pernyataan-pernyataan yang secara sestematis berhubungan atau sering disebut teori adalah sekumpulan definisi konsep dan proposisi yang saling berkaitan yang menghadirkan suatu tuhuan yan gsistematik atau fenomena yang ada dengan menunjukan hubungan yang khas di antara variabel-variabel. (Talcot Parsons)
      5.       Teori adalah pendapat yang didasarkan pada penelitian dan penemuan, didukung oleh data dan argumentasi. Penyelidikan eksperimental yang mampu menghasilkan fakta berdasarkan ilmu pasti, logika, metodologi, argumentasi.


Definisi konsep
      1.       Konsep adalah satuan arti yang mewakili sejumlah objek yang mempunyai ciri yang sama. Orang yang memiliki konsep mampu mengadakan abstraksi terhadap objek objek yang dihadapi sehingga objek-objek
ditempatkan dalam golongan tertentu. Objek-objek dihadirkan dalam kesadaran orang dalam bentuk representasi mental tak berperaga. Konsep sendiri pun dapat dilambangkan dalam bentuk suatu kata (lambang bahasa). (Bahri 2008:20)
      2.       Konsep adalah generalisasi dari sekelompok fenomena tertentu, sehingga dapat dipakai untuk menggambarkan berbagai fenomena tertentu, sehingga dapat dipakai untuk menggambarkan berbagai fenomena yang sama. Konsep merupakan suatu kesatuan pengertian tentang suatu hal atau persoalan yang dirumuskan. Dalam merumuskan kita harus dapat menjelaskannya sesuai dengan maksud kita memakainya. (Singarimbun dan Efendi 2009)
      3.       Konsep adalah rancangan, ide, atau pengertian yang diabstrakan dari peristiwa konkret (http://kamusbahasaindonesia.org/konsep)
      4.       Konsep-konsep itu menyediakan skema-skema terorganisasi untuk mengasimilasikan stimulus-stimulus baru untuk menentukan hubungan di dalam dan di antara kategori-kategori. Jika ditelusuri secara mendalam konsep-konsep yang ada di dalam struktur kognitif individu merupakan hasil pengalaman yang ia peroleh. (Dahar 1996:79)
      5.       Konsep merupakan abstraksi suatu ide atau gambaran mental, yang dinyatakan dalam suatu kata atau simbol. Konsep juga dinyatakan juga sebagai bagian dari pengetahuan yang dibangun dari berbagai macam krakteristik (aristoteles)

Definisi variabel
      1.       Variabel adalah sarana untuk memperoleh pemahaman terhadap masalah yang sedang diteliti secara benar. Dengan menggunakan variabel-variabel tertentu, peneliti menguji benar atau tidaknya asumsi dan rumusan masalah yang sebelumnya sudah dibuat. (Anonim)
      2.       Variabel adalah konsep dalam bentuk konkret atau konsep operasional. Suatu variabel adalah konsep tingkat rendah, yang acuan-acuannya secara relatif mudah diindetifikasikan dan diobservasi serta mudah diklasifikasim diurut atau diukur. (Mayer, 1984:215).
      3.       Variabel adalah konsep yang mempunyai variasi nilai, maka nilaiu variabel dapat dibedakan menjadi empat tingkatan skala, yaitu nominal, ordinal, internal, dan rasio. (Freddy Rangkuti)
      4.       Variabel adalah kondisi-konidis atau serenteristik yang oleh peneliti dimanipulasikan, dikontrol atau di observasi dalam suatu penelitian. (Y.W. Best)
      5.       Variabel adalah dapat berubah-ubah, berbeda-beda, bermacam-macam. Sesuatu yang dapat berubah atau faktor yang ikut menentukan perubahan.

Definisi indikator
      1.       Indikator adalah sesuatu  yang dapat menjadi petunjuk atau keterangan. (http://kamusbahasaindonesia.org/indikator)
      2.      Indikator adalah pengukuran tidak langsung suatu peristiwa atau kondisi. (Wilson 1993)
      3.       Indikator adalah variabel yang mengindikasikan atau menunjukan satu kecendrungna situasi yang dapat dipergunakan untuk mengukur perubahan. (Green 1992)
      4. Indikator adalah variabel untuk mengukur suatu perubahan baik langsung maupun tidak langsung. (WHO, 1981)
      5.Indikator sebagai alat atau petunjuk untuk mengukur prestasi suatu pelaksanaan kegiatan. (http://subektiheru.blogspot.com/2008/03/indikator-kinerja.html)

Hipotesis adalah proposisi atau dugaan yang belum terbukti yang secara tentative menerangkan fakta-fakta atau fenomena tertentu dan juga merupakan jawaban yang memungkinkan terhadap suatu pertanyaan riset (Zimund 1997:112).

Definisi hipotesis nol (H0)
      1.       Hipotesa nol adalah rumusan yang menyatakan kesamaan ata utidak adanya suatu perbedaan yang bermaknaantara dua kelompok atau lebih mengenai suatu hal yang dipermasalahkan
      2.       H0 digunakan untuk memberikan keseimbangan pada hipotesis penelitian karena peneliti meyakini dalam pengujian nanti benar atau salahnya hipotesis penelitian tergantung dari bukti-bukti yang diperolehnya selama melakukan penelitian




Definisi hipotesa kerja (H1)
      1.       Hipotesa kerja, atau disebut juga dengan hipotesa alternatif (Ha) menyatakan hubungan antara variabel X dan Y atau adanya perbedaan antara dua kelompok.
      2.       Hipotesis alternatif adalah hipotesis yang menyatakan adanya hubungan antara variabel dengan variabel yang lain.


0 komentar:

 

Ora Et Labora (Amazing Grace) Published @ 2014 by Ipietoon